Sabtu, 30 Maret 2013

Tugas IPS

  • Menyebutkan faktor yang mendorong manusia melakukan tidakan ekonomi :

    Tindakan Ekonomi

    Tindakan ekonomi adalah setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan yang paling baik dan paling menguntungkan. misalnya: Ibu memasak dengan kayu bakar karena harga minyak tanah sangat mahal.
  • Faktor yang mendorong manusia melakukan tindakan ekonomi adalah :

  1. Faktor Ekonomi
  2. Faktor Lingkungan Sosial Budaya
  3. Faktor Fisik
  4. Faktor Pendidikan
  • Faktor ekonomi misalnya :

    Kondisi ekonomi seseorang sangat memengaruhi tingkat kebutuhannya.
    Semakin baik kondisi ekonomi seseorang, maka semakin banyak dan beragam pula kebutuhannya yang dapat dipenuhinya. Contohnya : barang atau jasa yang dibutuhkan orang kaya beraneka ragam, harganya cenderung mahal – mahal. Adapun orang miskin, barang/ jasanya cenderung lebih sedikit. 
     

    Faktor lingkungan sosial dan budaya :

    Sosial budaya suatu daerah sangat mempengaruhi cara hidup dan
    kebutuhan seseorang yang hidup di dalamnya. Contohnya : orang betawi menyukai lenong, orang bandung suka jaipongan, dan masih banyak llagi. Baju adat juga dapat dijadikan contoh. Bagi masyarakat pedesaan, pemilihan baju dipilih berdasarkan pada tingkat kesopanan dan fungsinya. Adapaun bagi masyarakat kota, pakaian cenderung dipilih melalui mode dan pakaian yang bermerek.
     

    Faktor fisik :

    Kondisi fisik setiap orang berbeda – beda. Ada yang gemuk dan kurus, ada
    yang tinggi ada yang pendek, ada laki – laki dan perempua, dan ada yang tua maupun muda. Semua kondisi tersebut memengaruhi jenis, jumlah, dan ukuran barang/ jasa yang dibutuhkan seseorang. Contoh : porsi makan orang dewasa lebih banyak daripada anak kecil, orang gemuk membutuhkan baju yang lebih besar dari orang  kurus. 
     

    Faktor pendidikan : 

     pendidikan adalah suatu usaha manusia untuk mengubah sikap dan tata laku seseorang atau sekolompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan.




     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar